Selasa, 02 Oktober 2012

Perkembangan Bahasa Indonesia Dalam Masa Sekarang

1. Kajian Teori
"Bahasa pada dasarnya adalah pernyataan pikiran seseorang dengan perantaraan onomata (nama benda atau sesuatu) dan rhemata (ucapan) yang merupakan cermin dari ide seseorang dalam arus udara lewat mulut."- Plato
"Bahasa adalah alat untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan" - Aristoteles.
"Bahasa adalah Bahasa adalah praktik yang paling tepat untuk mengembangkan kemampuan berpiki." - Mc Carthy
Dengan beberapa definisi bahasa menurut para ahli diatas dapat saya simpulkan:
"Bahasa adalah alat komunikasi manusia yang dikeluarkan oleh alat pengucap untuk mengekspresikan pemikiran dan perasaan manusia kepada manusia lainnya"
2. Bahasa Indonesia
 
Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa kesatuan dan persatuan. Bahasa Indonesia termasuk dalam beberapa bahasa tersulit di dunia.
 
2.1 Sejarah Bahasa Indonesia
 
Pertama kali Bahasa Indonesia diperkenalkan sebagai Bahasa Persatuan adalah ketika peristiwa Sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. dari ketiga point sumpah pemuda, bahasa indonesia di tetapkan pada poin ke 3 yang bunyinya.
"kami putra dan putri Indonesia berbahasa satu bahasa Indonesia."
disini dengan jelas bahwa pada peristiwa tersebut, putra dan putri Indonesia mengikrarkan bahwa Bahasa Indonesia adalah bahasa yang di pakai oleh bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia disyahkan sebagai bahasa persatuan Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945 sehari setelah Proklamasi kemerdekaan.

Bahasa Indonesia adalah salah satu dari ragam bahasa Melayu. Meskipun di ucapkan oleh lebih dari 90% orang Indonesia, bahasa Indonesia bukanlah Bahasa Ibu bagi pengucapnya. Bahasa Ibu adalah bahasa yang dikenalkan oleh orang tua semenjak orang tersebut dilahirkan. Namun demikian Bahasa Indonesia adalah bahasa yang dipergunakan oleh media media masa, perguruan perguruan, Sastra, Surat Menyurat resmi, dan berbagai forum lainnya.

Bahasa Indonesia adalah salah satu bahasa Austronesia. Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu. Bahasa Melayu adalah bahasa perdagangan sejak dulu. Bahasa Indonesia juga banyak menyerap bahasa asing didalam nya, contohnya Analisa yang diserap dari bahasa Inggris, dan masih banyak lagi kata serapan dalam bahasa Indonesia.

2.2 Pembinasaan Bahasa Indonesia di Dalam Negeri.

Seiring dengan Globalisasi masyarakat Indonesia mulai melupakan jati diri sebagai Bangsa Indonesia. banyak orang yang mengedepankan bahasa Asing atau bahasa Internasional (Bahasa Inggris) sebagai bahasa yang mereka pakai setiap hari. Banyak masyarakat Indonesia yang sadar atau tidak sadar mulai mengkikis sedikit demi sedikit bahasa Indonesia dengan berdalih adanya Globalisasi di masa sekarang.

Sebagai orang indonesia harusnya kita bangga mempunyai bahasa asli indonesia, bukan malah menggunakan bahasa asing sebagai bahasa pengantar sehari hari. Seperti orang orang di jepang, mereka sangat menjunjung tinggi dan merasa bangga dengan bahasa jepangnya. 

2.2.1 Pembinasaan Bahasa Indonesia di Bidang Pendidikan.

Di Indonesia beberapa tahun belakangan ini sudah mulai mengajarkan Bahasa asing di jenjang pendidikan dasar. anak kelas 2 SD sudah diperkenalkan dengan Bahasa Inggris, dan seolah bahasa inggris derajatnya setara dengan bahasa Indonesia.

Beberapa sekolah di Indonesia khususnya Sekolah yang Bertaraf Internasional, atau sekolah yang notabene baru Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional sudah menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar sehari hari, ini juga merupakan Pembinasaan Bahasa Indonesia yang sangat berbahaya untuk bangsa Indonesia.

Kita tinggal di Indonesia, sudah sepatutnya instansi pendidikan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, membudayakan mengucapkan bahasa Indonesia dengan baik setidaknya. dan untuk sekolah sekolah bertaraf Internasional atau Rintisan sekolah bertaraf internasional menggunakan bahasa Indonesia sebaiknya. dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar di sekolah sekolah tersebut, pelajar pelajar dari luar negeri yang bersekolah di Indonesia bisa mempromosikan bahasa Indonesia ke negara negara asal mereka. bukankah dengan terkenalnya bahasa Indonesia di mancanegara merupakan suatu kebanggan untuk Bangsa Indonesia?

2.2.2 Pembinasaan Bahasa Indonesia di Lingkungan Sekitar.

Sekarang banyak bahasa bahasa yang seenak enaknya diucapkan oleh orang Indonesia. contohnya bahasa Alay, bahasa Ngondek, dan bahasa Gaul. bahasa bahasa tersebut diatas juga berperan dalam pembinasaan bahasa Indonesia. sedikit demi sedikit bahasa Indonesia yang Benar mulai menghilang dan digantikan oleh bahasa bahasa alay atau gaul. anak anak pada jaman sekarang banyak yang tidak mengerti bahasa yang baik dan benar. ini terbukti dari banyaknya anak yang mengucapkan ELO dan GUE kepada orang tuanya sendiri. padahal kita tau bahasa itu adalah bahasa yang tidak pantas untuk diucapkan dengan orang yang lebih tua.

2.3 Upaya Melestarikan Bahasa Indonesia.

Sebagai orang Indonesia sudah sepatutnya kita melestarikan bahasa Indonesia. membanggakan bahasa Indonesia di Dunia luar. bahasa yang harus kita junjung tinggi sebagai identitas bangsa. bahasa yang menjadikan Indonesia bersatu. dengan begitu bahasa Indonesia akan terkenal di dunia dan ketika terkenal itu akan menjadi suatu kebanggan tersendiri untuk bangsa Indonesia.

Bangsa Indonesia sudah seharusnya mulai detik ini, mulai saat ini melestarikan bahasa Indonesia. kembali memperkenalkan Bahasa Indonesia yang baik dan benar kepada anak dan cucu kita, kepada saudara saudara kita, dan tidak membuat bahasa bahasa gaul terus berkembang berkelanjutan.

kita bisa melestarikan budaya Indonesia dari sebuah lingkungan yang kecil, dari keluarga kita, dari tetangga kita, dari kelas kelas yang kita tempati, mulai dari teman teman kita, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik, apabila yang Benar masih takut terlihat bahasa Kamus. mari kita meninggalkan pelan pelan bahasa bahasa gaul, gunakan bahasa Indonesia secara benar.

"Bahasa Indonesia adalah Bahasa Persatuan dan Kesatuan Indonesia"


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar