Jumat, 13 April 2012

Mengembalikan Jam Biologis

Istirahat malam adalah cara terbaik untuk mengembalikan energi badan, istirahat sebaiknya dilakukan dengan cara tidur, namun bagaimana jika kita susah tidur?

orang yang mempunyai penyakit susah tidur malam atau biasa disebut Insomnia memang sangat mengganggu jam biologis seseorang, apalagi setiap hari orang tersebut harus terjaga sepanjang malam dan merasakan susah tidur yang sangat amat menyiksa diri.

tapi beberapa waktu yang lalu saya sempat bertemu salah seorang guru bahasa Jepang saya sewaktu SMA, dia melihat mata saya yang berkantung, lalu beliau menebak kalau saya terkena Insomnia. saya mengiyakan lalu beliau memberikan saran saran agar jam biologis saya menjadi normal kembali.

berikut adalah beberapa saran beliau:

  1. batasi bermain game online setiap malam.
  2. jika pada pagi hari saya merasakan kantuk yang sangat, paksakan jangan sampai saya tidur, tunggu waktu malam datang lalu tidurlah segera.
  3. hindari meminum kopi di sore hari.
  4. berolahraga secara teratur.
setelah saya mencoba saran beliau selama 1 minggu, lambat laun penyakit Insomnia saya menghilang. lalu saya mencari cari mengapa cara cara diatas bisa menyembuhkan penyakit itu.

1.Batasi bermain Gameonline setiap malam.

sebagai seorang yang sangat menggilai gameonline saya selalu terjaga untuk bermain gameonline hingga larut, dan baru bisa tidur jam 2 atau 3 dini hari. ternyata ini merubah jam biologis saya, tapi setelah saya mengikuti saran guru bahasa jepang saya tadi, alhasil beberapa hari mulai kelihatan efeknya.

2.jangan tidur diwaktu pagi

ya orang insomnia selalu mengantuk pada pagi hari, apalagi ketika sampai di ruang kuliah yang ber AC. ketika saya mencoba untuk terus terjaga dipagi hari dengan susah payah, lalu melampiaskan tidur dimalam hari, lama kelamaan insomnia saya mulai kelihatan efeknya.

3.hindari meminum kopi disore hari.

saya memang suka meminum kopi ketika sore hari, biasanya sehabis solat ashar saya sering membeli kopi dingin yang dijual diwarung, warung, dan kandungan cafein pada kopi membuat saya susah tidur.

4.berolahraga secara teratur.

ya dengan berolahraga secara teratur metabolisme badan kita akan terus membaik, merasakan letih ketika malam dan berhasil membuat saya tidur nyenyak.

mudah-mudahan tips ini bisa berguna untuk para pembaca.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar