Jumat, 02 Maret 2012

All About Jazz

acara Jazz tahunan yang di selenggarakan oleh Java Musikindo tanggal 2-4 maret 2012, mulai jum'at (2 Maret) kemaren sudah di selenggarakan. acara yang merupakan agenda internasional ini dihadiri oleh banyak sekali musisi jazz dunia, diantaranya adalah Stevie Wonder, DaveKoz, Pat Matheny, Erika Badue, Herbie Hancock, Swing Out Sister, dan masih banyak lagi musisi Jazz dari luar dan dalam negri kumpul dalam 3 hari itu .

acara yang bertemakan Where Jazz Finds a Home ini bisa dibilang sangat membantu meningkatnya Visa Negara, walaupun diselenggarakan oleh swasta, tetapi acara ini adalah acara yang seluruh insan pecinta Jazz diseluruh dunia pasti sudah mengetahui agenda acara ini setiap tahun nya.

Indonesia sebenarnya memiliki beberapa Festival Jazz setiap tahun nya, dari festival Jazz tertua di Indonesia yaitu Jazz Goes To Campus (JGTC) yang diselenggarakan oleh FEUI, Jak Jazz Festival (namun tahun kemaren Jak Jazz Festival ditiadakan), Bekasi Jazz Festival, Urban Jazz Festival dan masih banyak lagi festival jazz yang ada di Indonesia.

Musik yang berasal dari new orleans Amerika ini memang banyak yang bilang musik yang segmented, artinya tidak semua orang yang menyukai, sama seperti musik reggae, Ska, Metal. sangat disayangkan banyak orang yang ketika ditanyakan, mengapa tidak menyukai musik Jazz? mereka menjawab, jazz adalah musik orang elit. padahal asal mula musik ini adalah musik yang dibawakan oleh orang orang susah di new orleans, ada juga yang menyebut budak budak yang ingin merasakan kebabasan.tentu sebuah alasan yang bertolak belakang dengan sejarah musik ini.

Musik yang berakar dari musik Blues ini juga terpecah menjadi beberapa genre, dari swing, lalu kemudian pecah menjadi bebop, lalu lama kelamaan berkembang lagi menjadi post bob, dan pada saat ini kebanyakan musisi indonesia memilih Fusion Jazz, yaitu musik Jazz yang dicampur dengan genre musik lain nya.

Musik yang identik dengan suara brass (alat musik tiup) seperti Saxophone, trumpet, Trombon ini dibilang dari dulu sudah sangat marak di Indonesia, banyak komunitas komunitas musik Jazz di Indonesia. di Jakarta, komunitas Jazz Kemayoran yang diketuai oleh om Beben, Komunitas Jazz Chic, Margo Friday Jazz, dan sekarang sudah banyak lounge atau cafe cafe mengadakan acara maen band bareng atau yang disebut Jam Session. dijakarta ada Red and White Lounge di kemang, Largo di kemang bahkan kemaren penulis sempat datang ke sebuah tempat makan lesehan di bilangan fatmawati jakarta selatan namanya Kedai Bli Edi sepertinya juga ada acara Jam ing.

berbicara tentang musik Jazz, ga afdol kalo tidak menyinggung musisi jazz yang ada di Indonesia. di Indonesia musisi Jazz sangat banyak, bahkan di beberapa sekolah musik sudah ada divisi khusus untuk para pelajar yang ingin memperdalam Jazz. musisi Jazz indonesia diantaranya Indra Lesmana, Bubi Chen, Idang Rasjidi, Keluarga Likumahua (Benny Likumahua, Barry Likumahua, Utha Likumahua dll) Sandy Winarta, Tohpati, Dewa Budjana, dan masih banyak lagi.

Banyak musisi Indonesia yang mengharumkan nama Indonesia lewat musik yang mereka bawakan. Indra Lesmana contohnya, hampir setiap tahun nya beliau diundang untuk tampil di sebuah Festival Jazz diluar negri. belum lama LLW (Lesmana Likumahua Winarta) trio Jazz indonesia itu tampil di Tokyo.

di Akhir tulisan ini saya ingin mengutip kata kata seorang Sherina Munaf yang di tulis di Akun Twitternya.
"Respect & dukung keragaman/perbedaan msg2 musisi di Indonesia. Style tiap musisi unik. Tdk kurang, tdk lebih, tdk bs dibandingkan. Damai."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar